Virtual Class pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika

Virtual Class pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika
Penerapan virtual class di mata kuliah ini sedikit berbeda dengan yang ada pada mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, untuk Mata Kuliah Jaringan Komputer yang ada di Jurusan Teknik Informatika mahasiswa bisa melaksanakan kuliah dimana saja dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Menggunakan aplikasi web based, yaitu vc.ncc.its-sby.edu sistem perkuliahan menjadi sangat menarik karena disediakan beberapa fitur yang bisa digunakan secara personal oleh masing-masing mahasiswa. Semua fitur yang disediakan bertujuan untuk membantu mahasiswa melakukan pengaturan terhadap mata kuliah yang diambil terutama mata kuliah yang menggunakan sistem virtual class ini.
Berikut ini tampilan dan penjelasan singkat dari tampilan sistem virtual class pada Mata Kuliah Jaringan Komputer :
Saya memberikan contoh login milik Retno Andjar Sari mahasiswi Teknik Informatika angkatan 2006.
Halaman pertama adalah halaman depan ( home ) ketika kita baru membuka alamat ini, terdapat sambutan yang berisi penjelasan dan latar belakang penggunaan virtual class untuk beberapa mata kuliah yang ada di Fakultas Teknologi Informasi.
Setelah login mahasiswa akan di berikan halaman awal, yaitu halaman CampusHomepage, terdapat beberapa menu di dalam tag ini, yaitu menu General yang berisi link untuk terhubung ke dalam forum lokal ( khusus mahasiswa FTIf ) dan menu User yang berisi link untuk terhubung ke dalam halaman Course Management.
Tag kedua adalah MyCourses, pada tag ini ditampilkan semua mata kuliah yang diambil mahasiswa/i. Mata kuliah yang ditampilkan hanya mata kuliah yang menggunakan sistem virtual class, kebetulan mahasiswi yang bersangkutan mengambil mata kuliah Jaringan Komputer dengan dosen pengajar Pak Muhammad Husni.
Tag ketiga adalah ModifyProfile, pada tag ini kita dapat mengganti informasi pribadi yaitu nama, NRP, email, telepon, foto, dan tulisan singkat mengenai kompetensi diri.
Tag keempat adalah MyAgenda, pada tag ini terdapat kalender yang bisa digunakan sebagai remainder dan personal assistant terutama yang berhubungan dengan jadwal dan deadline tugas mata kuliah dan kuis yang dilaksanakan oleh mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa/i.
Tag kelima adalah MyProgress, pada tag ini terdapat summary perkembangan mahasiswa/i. Perkembangan yang dimaksud di sini adalah perkembangan yang berhubungan dengan mata kuliah yang diambil dan menggunakan sistem virtual class sebagian bagian dari sistem pengajarannya.
Berikut ini adalah komentar dari Pak Husni terkait penerapan virtual class di FTIf yang saya ambil dari hasil wawancara dengan kru majalah GengSi ( termasuk saya ) :
Sekadar informasi, Pak Husni, ketika virtual class baru diperkenalkan, menjabat sebagai Pembantu Dekan 1 Fakultas Teknologi Informasi – ITS. Beliau adalah Project Manager sistem virtual class ini.
Memang, saya hanya diberi waktu sekitar 2,5 bulan untuk mengembangkan virtual class sebelum diuji coba awal semester genap 2006/2007 ini. Alhamdulillah, hasilnya sudah bisa dirasakan, walaupun tentu ada kekurangan di sana-sini. Insya Allah terus akan kita kembangkan sampai semua bisa running well
sumber : http://parvian.wordpress.com/2008/07/13/penerapan-e-learning-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar