Pengembangan Pengajaran Berbasis ICT di Sekolah

"Mari wujudkan sekolah yang berstandar dan bermutu" Layanan Pelatihan ICT untuk sekolah khususnya SSN dan SBI rasional.

Kebutuhan akan multimedia interaktif semakin dirasakan, mengingat kondisi perkembangan tekhnologi Informasi (IT) semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya siswa mulai dari pra sekolah, SD, SMP dan SMU/SMK dituntut untuk mengenal IT sejak dini. Kebutuhan ini tidak hanya sebagai wacana tetapi didelegasi melalui terbitnya kurikulum 2004 yang memasukan mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah, lebih khusus lagi SMK IT secara spesifik mempelajari IT sebagai suatu keahlian produktif. Untuk menunjang masuknya IT di sekolah, pemerintah secara bertahap membantu sekolah-sekolah dengan memberikan perangkat hardware komputer sebagai alat praktek dan ditunjang dengan diberikannya BOM (bantuan operasional manajemen) yang salah satunya harus dibelanjakan untuk membeli software komputer untuk menunjang pembelajaran IT dan penguasaan materi pelajaran umum dengan bantuan IT.
Dengan demikian jelas bahwa kebutuhan bahan pembelajaran berbasis ICT sebagai alat untuk membantu siswa menguasai IT dan materi pelajaran umum lainnya dengan lebih cepat, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar, menjadi kebutuhan yang mendesak untuk tercapainya kualitas pembelajaran yang diharapkan.
Atas dasar pentingnya bahan pembelajaran berbasis ICT yang dirancang oleh guru bagi peningkatan kualitas pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan untuk kepentingan publikasi komunikasi dan informasi lembaga, maka sudah menjadi kebutuhan yang mendesak adanya peningkatan kemampuan para pelaku pendidikan/pelatihan terutama guru untuk memiliki kemampuan dalam merancang multimedia interaktif untuk mengemas berbagai materi-materi pelajaran. Dengan demikian diperlukan adanya kegiatan pelatihan pembuatan multimedia interaktif berbasis komputer.
JENIS KEGIATAN PENGEMBANGAN
Terdapat eberapa jenis kegiatan pengembangan kompetensi guru SD/MI,SMP/MTS,SMA/MA dan SMK dalam penguasaan ICT untuk diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, yakni: pelatihan pembuatan desain presentasi multimedia yang meliputi desain pesan dan penguasaan tool multimedia projector, pelatihan pembuatan CD interaktif berbagai mata pelajaran, pelatihan internet dasar dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar efektif, pelatihan pembuatan web blog dan pelatihan pembuatan desain web untuk E-learning dan learning management system (LMS).
TUJUAN KEGIATAN PENGEMBANGAN
Para guru memiliki kompetensi dalam pembuatan desain presentasi multimedia yang meliputi desain pesan dan penguasaan tool multimedia projector, para guru memiliki kompetensi dalam pembuatan CD interaktif berbagai mata pelajaran yang dikuasainya untuk digunakan dalam PBM, para guru memiliki kompetensi dalam penguasaan internet dasar dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar efektif, para guru memiliki kompetensi dalam pembuatan web blog dan para guru memiliki kompetensi dalam pembuatan desain web untuk E-Learning dan learning management System (LMS).
MATERI PELATIHAN
Pelatihan pembuatan desain presentasi multimedia yang meliputi desain pesan dan penguasaan tool multimedia projector meliputi power point 2003/2007 basic dan enrichment, power point to flash, articulate presenter, teknik penggunaan (use) dan pemeliharaan (maintenance) multimedia projector (all brand all type), dan prinsip-prinsip desain presentasi sesuai dengan kaidah komunikasi visual teknologi pembelajaran.
PELATIHAN PEMBUATAN CD INTERAKTIF BERBAGAI MATA PELAJARAN
Meliputi konsep dasar multimedia interaktif, teknik pembuatan flowchart dan storyboard, desain grafis untuk multimedia interaktif, programming dengan macromedia flash dan macromedia director, dan animasi dengan Swish Max dan 3D cool.
PELATIHAN INTERNET DASAR DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR EFEKTIF
Meliputi sejarah internet, trik browsing untuk pencarian bahan pembelajaran yang efektif, mendaftar dan memelihara email,Chatting, milling list dan news group dan teknik download text, animasi dan video.
PELATIHAN PEMBUATAN WEB BLOG
Meliputi konsep, fungsi dan manfaat web blog, trik customis dan desain template web blog, dan management web blog sebagai bahan pembelajaran yang efektif.
PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN WEB UNTUK E-LEARNING DAN LMS
Meliputi Konsep, prinsip dan prosedur e-learning, perancangan naskah untuk e-learning, desain web dengan Adobe dreamweaver atau microsoft front page, data base management system denagn MySQL dan pemanfaatan e-learning menggunakan software open source.
PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR CETAK BERBASIS KOMPUTER
Meliputi konsep, prinsip dan prosedur pembuatan bahan ajar cetak berbasis ICT, teknik pembuatan brosur, liflet, banner, poster, komik, dll. Pengolahan objek gambar dengan adobe photoshop CS dan pembuatan bahan ajar berbasis vektor dengan corel draw untuk: mengatur layout, membuat logo.
OUTPUT
Dihasilkannya produk media presentasi hasil rancangan guru yang membuat berbagai mata pelajaran yang dikuasainya mulai IPA,IPS,Matematika,Bahsa,Agama dan lain-lain, dihasilkannya naskah-naskah CD interaktif hasil buatan guru yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi produk CD interaktif, dihasilkannya produk CD interaktif yang inovatif, kreatif, edukatif dan menyenangkan hasil rancangan guru yang membuat berbagai mata pelajaran yang dikuasainya mulai IPA,IPS,atematika,Bahasa,Agama dan lain-lain. Dihasilkannya produk media dan sumber belajar yang diambil dari internet hasil pencarian guru yang membuat berbagai mata pelajaran yang dikuasainya. Bahan-bahan tersebut berupa : (1) jurnal dan artikel pendidikan, (2) Hasil penelitian khususnya PTK, (3) Video pembelajaran, (4) Buku-buku bermanfaat dalam bentuk e-book, (5) foto-foto sebagai bahan pembelajaran, serta (6) Animasi bahan pembelajaran dalam bentuk SWF. Dihasilkannya web blog guru unutk profil pribadi, sekolah maupun bahan pembelajaran.
SUMBER:JAMBI INDEPENDENT, 28 JULI 2009.

0 komentar:

Posting Komentar