Kemampuan Komputer

Kemampuan computer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Computer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya melakukan perhitungan pertambahan atau pengurangan dalam waktu yang sangat cepat yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond, atau picoseconds. Computer paling cepat dapat melakukan dalam satuan picoseconds.
 
Misalnya manusia dapat menyelesaikan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik. Bila kecepatan komputernya adalah picoseconds, 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan computer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 triliun atau 31709 tahun.
 
Kemampuan Computer lainnya yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh yang akan cenderung untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak 100000 buah petambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya, karena computer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah , maka computer tidak akan mengalami kesalahan.

Computer akan mengalami kesalahan , bilamana:
1 Komponennya rusak
2 Data yang dimasukan salah, maka hasilnya akan salah

Walaupun kelihatannya computer lebih unggul daripada manusia tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia. manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhasap situasi tertentu, sedang computer tidak dapat melakukan hal tersebut karena beroperasi secara menurut program yang diberikan. Keunggulan manusia yang lain adalah manusia punya perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan sedang computer tidak mempunyai perasaan.
 
Jadi sebenarnya penggunaan computer tidak seluruhnya menggantikan fungsi kerja dari manusia, akan tetapi hanya sebagai alat bantu saja. Computer merupakan perkembangan teknologi yang penting karena meningkatkan kemampuan dari manusia.

0 komentar:

Posting Komentar