Menurut John C. Bock, dalam education and Development : A Conflict Meaning (1992), mengidentifikasikan peran pendidikan sebagai :
- Memasyarakat ideologi dan nilai-nilai sosio-kultural bangsa. ( Fungsi politik pendidikan )
- Mempersiapkan tenaga kerja untuk memerangi kebodohan, kemiskinan, dan mendorong perubahan sosial. (Fungsi ekonomi )
- Untuk meratakan kesempatan dan pendapatan. (Fungsi ekonomi)
- Paradigma Fungsional :
- Yaitu paradigma yang melihat bahwa keterbelakangan dan kemiskinan dikarenakan masyarakat tidak mempunyai cukup penduduk yang memiliki pengetahuan , kemampuan dan sikap modern.
- Paradigma Sosialisasi :
- Yaitu paradigma yang melihat peranan pendidikan dalam pembangunan sebagai berikut :
- Mengembangkan kompetisi individu.
- Kompetisi yang lebih tinggi tersebut diperlukan untuk meningkatkan produktivitas.
- Meningkatkan kemampuan warga masyarakat dan semakin banyaknya warga masyarakat yang memiliki kemampuan akan meningkatkan kehidupan masyarakat secara keseluruhan.
0 komentar:
Posting Komentar