Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Yang dimaksud dengan penduduk adalah manusia yang tinggal disuatu daerah tertentu atau sekumpulan manusia yang berdiam menempati suatu wilayah geografi atau wilayah tertentu. Sedangkan masyarakat adalah sekumpulan manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga dapat mengorganisasikan dirinya untuk berfikir tentang dirinya dalam kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu (R.Linton), dan masyarakat terbentuk karena adanya penduduk.
Pertumbuhan penduduk dunia sangat tinggi, menjelang awal abad ke-21 total penduduk dunia diperkirakan mencapai 6,1 milyar jiwa. Dan menurut proyeksi PBB penduduk dunia akan mencapai lebih dari 9,3 milyar jiwa pada tahun 2050 dan pada tahun 2200 akan mencapai 11 milyar jiwa, yang 90% berada di negara berkembang.

Berikut ini tabel perkembangan penduduk dunia dengan menggunakan tabel :
TahunJumlah Penduduk (milyar jiwa)
19502.5
19603
19703.7
19804.4
19905.3
20006.1
20106.9
Sedangkan untuk pertumbuhan penduduk dunianya adalah sebagai berikut :

Kependudukan atau Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang dinamika kependudukan manusia, di dalamnya ada ukuran, struktur, distribusi penduduk, dan bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Inilah faktor-faktor yang mempengaruhi pertambahan penduduk. Dan untuk mempermudah mengetahui tingkat pertambahan, atau penurunan suatu penduduk di gunakan rumus, di antaranya :
Rumus tingkat kematian kasar (CDR/Crude Death Rate) :
Jumlah Kematian
CDR = ----------------------------------------------- X 1.000
Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun
atau
D
CDR = ----------------------------------------------- X K
Pm

Pm= 1/2 (P1+P2
D = Jumlah Kematian Pm = Jumlah Penduduk Per Petengahan Tahun K = Konstanta = 1.000 P1 = Jumlah Penduduk Awal Tahun P2 = Jumlah Penduduk Akhir Tahun

Rumus Tingkat Kematian Khusus (ASDR/Age Spesific Death Rate) :
Di
ASDRi = ------------------------------------- X K
Pmi
Di = Kematian Penduduk Kelompok Umur i. Pm = Jumlah Penduduk Pada Pertengahan Tahun Kelompok Umur i. K = Konstanta ( = 1000 )
Rumus Kelahiran Hidup Kasar (CBR/Crude Birth Rate) :
Jumlah Lahir Hidup
CBR = ----------------------------------------------- X 1.000
Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun
atau
b
BCDR = ----------------------------------------------- X K
Pm
B = Jumlah kelahiran hidup pada suatu dunia pada suatu tahun tertentu. Pm = Jumlah penduduk pada pertangahan tahun. K = Konstanta ( 1000 )
Rumus Kelahiran Umum (GFR/General Fertility Rate) :
Jumlah kelahiran hidup per tahun tertentu
GFR = ----------------------------------------------- X 1.000
Jumlah wanita subur pada Pertengahan Tahun
atau
B
BGFR = ----------------------------------------------- X K
Fm(15-44)tahun
B = Jumlah kelahiran hidup pada suatu dunia pada suatu tahun tertentu. Fm = Jumlah penduduk wanita pada pertangahan tahun. K = Konstanta ( 1000 )
Rumus Kelahiran Khusus (ASFR/Age Spesific Fertily Rate) :
B1
ASFRi = ----------------------------------------------- X K
Fmi
Bi= Jumlah kelahiran dari wanita kelompok umur satu tahun. Fmi = Jumlah penduduk wanita pada pertangahan tahun dalam kelompok umur i. K = Konstanta ( 1000 )

Kemudian migrasi juga sangat mempengaruhi pertambahan penduduk dalam suatu wilayah. Karena secara umum migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat satu ke tempat lainnya.Migrasi juga ada beberapa macam, diantaranya :
  1. Migrasi Internasional : Perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lainnya, dan terbagi menjadi tiga yaitu :
    1. Imigrasi, yaitu masuknya penduduk dari suatu negara ke negara lain nya dengan tujuan menetap. Orang nya disebut imigran.
    2. Emigrasi, yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain. Orangnya disebut emigran.
    3. Remigrasi atau Repatriasi, yaitu kembali nya imigran ke negara asalnya.
  2. Migrasi Nasional : Perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lainnya, tetapi masih didalam suatu negara. Atau disebut juga transmigrasi.
Migrasi diperlukan untuk mengurangi kepadatan penduduk dalam suatu wilayah, dan juga untuk menambah jumlah penduduk pada daerah yang masih jarang penduduk nya.

    Struktur pendduduk ada tiga macam :
    • Piramida penduduk muda
    • Piramida stasioner
    • Piramida penduduk tua
Rasio Ketergantungan (defendency ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas ( non produktif) dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun (produktif).
Pertumbuhan dan perkembangan bangsa indonesia dapat dimulai dari zaman pra sejarah, saat itu kebudayaan nenek moyang bangsa indonesia sudah mengenal kebudayaan yang tinggi derajat nya. Tetapi sekarang ini kebudayaan bangsa indonesia sudah mulai dilupakan, di karena kan adanya arus globalisasi yang sangat deras menyapu kebudayaan-kebudayaan bangsa indonesia.
Agama yang masuk pertama kali ke indonesia adalah agama hindu pada abad ke 3, sedangkan agama budha masuk pada abad ke 5. Sedangkan agama Islam masuk pada abad ke 15.
Sekarang ini kebudayaan Barat sudah mulai menggantikan kebudayaan-kebudayaan asli indonesia. Terutama anak muda indonesia sekarang ini, kebanyakan mereka sudah tidak mau lagi mengenal kebudayaan bangsa sendiri dan lebih memilih mengenal kebudayaan bangsa barat. Padahal jatidiri suatu negara ada pada kebudayaannya.

0 komentar:

Posting Komentar